Sabtu, 25 Juni 2011

Bersepedalah dengan Gembira

Artikel menarik alamat beberapa isu kunci tentang
. Pembacaan yang cermat bahan ini bisa membuat perbedaan besar dalam bagaimana Anda berpikir tentang
.
JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan bersepeda beberapa tahun belakangan ini menjadi sebuah gaya hidup yang patut untuk ditiru. Selain berguna bagi kebugaran tubuh, bersepeda juga bermanfaat bagi lingkungan karena tidak menyumbang asap atau debu layaknya kendaraan bermotor.


Berbagai macam acara sepeda santai atau yang dikenal dengan istilah "Fun Bike" pun juga kerap kali diadakan, salah satunya Kompas dengan acara "Gowes Bareng Kompas". Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kegiatan "Fun Bike" bisa membawakan kesenangan bagi diri, dan bukannya melelahkan.

Menurut Tjahdja Gunawan dari Kompas Gramedia Cycling, hal penting dalam bersepeda santai adalah gembira. Bersepeda dengan gembira dan beramai-ramai menurut Tjahdja akan memberikan kesenangan dan membuat orang lupa  jarak yang ditempuh.

Selain itu, wajah kantuk karena bangun pagi untuk berangkat Fun Bike juga bisa dihapuskan. "Makanya jangan lupa selalu tersenyum, saat menggowes sepeda," ujarnya, Minggu (26/6/2011), dalam pembukaan acara "Gowes Bareng Kompas" di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Kadang-kadang aspek yang paling penting dari subjek tidak segera jelas. Jauhkan membaca untuk mendapatkan gambaran yang lengkap.

Tjahdja menuturkan bahwa bersepeda santai tidak memerlukan kecepatan tinggi. Kecepatan bersepeda santai paling tidak 15 kilometer/jam. "Namanya saja santai jadi 15 kilo per jam cukup. Bahkan bisa lebih kurang lagi," tuturnya.

Para pesepeda santai juga perlu memperhatikan batas rombongan yang ditetapkan panitia penyelenggara. Pasalnya, karena bersepeda dalam jumlah yang besar akan memakan jalan. Agar tidak mengganggu pengguna jalan lain, peserta sepeda santai harus terus memperhatikan batas barisan.

Tips terakhir yang dari Tjahdja, peserta fun bike sebaiknya tidak memaksakan diri bila merasa tidak enak badan atau merasakan lelah di tengah perjalanan. "Acara fun bike pasti ada P3K, jadi kalau ada apa-apa bisa ke sana. Atau kalau mau jatuh kami ada tim sweeper yang akan mengecek keadaan rombongan," tandasnya. 

Diberitakan sebelumnya, sekitar 36.752 mengikuti acara Fun Bike Untuk Lingkungan yang digelar Harian Kompas dalam rangka perayaan hari ulang tahunnya yang ke-46, Minggu (26/6/2011). Kegiatan "Gowes Bareng Kompas" ini memperebutkan door prize utama berupa satu unit rumah.

 

Saya berharap bahwa membaca informasi di atas adalah menyenangkan dan pendidikan untuk Anda. Anda proses pembelajaran harus berlangsung - semakin Anda memahami tentang subjek apapun, semakin Anda akan dapat berbagi dengan orang lain.

Tidak ada komentar: