LONDON, KOMPAS.com - Masyarakat Rusia sangat menikmati teh Indonesia sehinggaungkapan "Ochen krepky-khoroso" (sangat pekat, bagus) pun disampaikanmereka saat mencicipi teh Indonesia pada stand Indonesia dalam pameran"The 14th International Exhibition for Food Product, Drinks andIngredients (Interfood)" di St. Petersburg, baru baru ini. "Rasa teh yang kuat dengan aroma yang khas memberikan kesan yangmendalam bagi para pengunjung," kata Sekretaris Ketiga Fungsi PensosbudEnjay Diana dalam keterangannya yang diterima di London, akhir pekan ini.

Pameran itu diikuti lebih dari 100 peserta dari berbagai perusahaanRusia dan berbagai negara, seperti Pakistan, Jerman, Swiss,Polandia, Yunani, Belarus, Inggris, Ukraina dan Indonesia yang diwakilioleh KBRI Moskow.

Selain teh, stand Indonesia juga menampilkan berbagai produk makanandan produk lain seperti mie instan, kopi luwak, saus sambal, kecap,pasta gigi dan sikat gigi, serta sejumlah sampel bahan dasar kakao, teh,rokok, kopi dan juga rempah-rempah dari berbagai daerah Indonesia.

Waktu terbaik untuk belajar tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah adalah sebelum Anda berada di tengah-tengah hal. Wise pembaca akan terus membaca untuk mendapatkan beberapa pengalaman berharga Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah sementara itu masih bebas.

Pameran merupakan ajang promosi berbagai produk makanan, minuman danyang terkait dengan makanan, seperti peralatan, pengemasan danpelabelan, serta dukungan logistik lainnya.

Menurut Sekretaris Ketiga Fungsi Ekonomi KBRI Moskow, Faisal M.Perdanaputra, tidak sedikit dari pengunjung dan pelaku bisnis Rusia yangtertarik dengan produk-produk Indonesia.

Hubungan perdagangan Indonesia dan Rusia selama ini berjalan denganbaik. Angka perdagangan Indonesia-Rusia telah mencapai 1,685 miliardolar AS pada 2010, naik 117,54 persen dibanding 2009.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkapRepublik Belarus Hamid Awaludin menyampaikan keikutsertaan Indonesiadalam pameran ini untuk lebih memperkenalkan produk-produk makananIndonesia di Rusia. "Kita harus terus berperan aktif mempromosikan produk-produk kitakarena Rusia merupakan salah satu pasar konsumen terbesar di dunia,seperti untuk pemasaran teh, kopi, coklat dan produk-produk makananlainnya," sebutnya.