Jumat, 29 April 2011

Longsor Lagi, Tim SAR Sulit Bersihkan

Anda harus dapat menemukan beberapa fakta yang sangat diperlukan tentang
dalam paragraf berikut. Jika ada setidaknya satu fakta anda tidak tahu sebelumnya, bayangkan perbedaan itu bisa membuat.
PADANG, KOMPAS.com - Tim Search and Rescue (SAR) kesulitan membersih material longsor yang menimbun badan jalan Lintas Sumatera di daerah Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Sumtera Barat.

"Para petugas di lapangan masih menghadapi kendala untuk membersihkan material longsor dari badan jalan, karena hujan lebat masih mengguyur daerah itu," kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana BPBD Sumbar, Ade Edwar di Padang, Sabtu (30/4/2011).

Menurutnya, sekitar kawasan perbukitan di daerah Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung masih terjadi longsoran tapi dalam skala kecil. "Membutuhkan waktu cukup lama untuk membersihkan material, kawasan daerah tersebut," katanya.

Pikirkan tentang apa yang telah Anda baca sejauh ini. Apakah itu memperkuat apa yang sudah Anda ketahui tentang
? Atau ada sesuatu yang sama sekali baru? Bagaimana dengan paragraf yang tersisa?

Dia menambahkan, sangat membahayakan para petugas dilapangan jika dipaksakan juga untuk membersihkan material longsor. "Membersihkan material longsor yang menimbun badan jalan sepanjang 30 meter dibutuhkan tiga unit alat berat," katanya.

Dia mengatakan, ada dua titik longsor terjadi di jalan lintas Sumatera, tepatnya di daerah Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. "Jarak longsor dari titik pertama dengan kedua tidak seberapa jauh yang terjadi di daerah Tanjung Gadang," katanya.

Menurutnya, pihak kepolisian setempat disiagakan untuk mengatur arus lalu lintas jalan lintas Sumatera tersebut, agar tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas. "Mereka juga membuat rambu-rambu peringatan untuk tidak melintas arus lalu lintas dari Pulau Jawa menuju Sumatera Barat," katanya.

Dia menambahkan, bagi para pengguna jalan dapat menempuh arah dari Kota Padangpajang agar bisa menuju Pulau Jawa, namun juga harus hati-hati bila berada di kawasan Lembah Anai, Kabupaten Padangpariaman juga rawan longsor.

Ada banyak mengerti tentang
. Kami dapat menyediakan Anda dengan beberapa fakta di atas, tetapi masih ada banyak lagi untuk menulis tentang dalam artikel berikutnya.

Tidak ada komentar: