Sabtu, 13 Agustus 2011

Mengapa Frank Swiss Menguat Saat Krisis

info mutakhir tentang
tidak selalu hal yang termudah untuk mencari. Untungnya, laporan ini mencakup
info terbaru yang tersedia.
oleh Simon Saragih

Siapa yang memegang frank Swiss dalam setahun terakhir pastilah mengantongisetidaknya keuntungan 30 persen, jika misalnyafrank Swiss ditukarkankembali ke dollar AS.

Frank Swiss adalah salah satu mata uang kuat dunia,disamping dollar Australia, dollar Singapura yang menguat terhadap dollar ASdalam setahun terakhir. Kurs frank Swiss mencapai rekor tertinggi 0,7068 frank Swiss per satu dollarAS pada hari Selasa (9/8/2011).

Namun bagi pengutang dalam denominasi frank Swiss, seperti Hongaria,penguatan frank Swiss menjadi beban tersendiri. Akan tetapi bagi wargaSwiss, kenaikan kurs frank menjadi sumber kegembiraan.

Namun demikian tidak selamanya kenaikan kurs, apalagi berlangsung cepat,disambut semua pihak.Kenaikan kurs frank melemahkan daya saing eksporSwiss jika dijual di AS atau zona euro.

Bagaimana Anda bisa mencanangkan batas belajar lebih banyak? Bagian berikutnya mungkin berisi bahwa salah satu sedikit kebijaksanaan yang mengubah segalanya.

Karena itulah Bank Sentral Swissmengintervensi pasar dengan tujuan agar frank melemah dan pada hari Jumat(12/8/2011) melemah menjadi 0,77 frank per satu dollar AS.

Lepas dari itu, menarik untuk menelaah sekilas mengapa kurs frank meningkat?Ini adalah buah kebijakan Swiss yang sudah sejak lama ingin menjaga kekuatanfrank Swiss.

Warga Swiss tidak heran dengan penguatan mata uangnya,sebagaimana dikatakan Profesor Olivier Crevoisier dari Neuchatel Universitykepada World Radio Switzerland, 10 Agustus lalu.

Namun semua ini adalah juga buah darikebijakan ekonomi Swiss, yang tekunmempertahankan daya saing dan kualitas produk-produknya serta menjaga posisianggaran dan utang nasional dalam posisi yang terkendali.

Hal ini juga tidaklepas dari keberadaan sistem perbankan Swiss, yang ketat menjaga kerahasiaanperbankan, yang membuat warga kaya dunia, termasuk pimpinan Libya MoammarKhadafy menyimpan uangnya di Swiss.

Barangkali jika DPR-RI ingin belajar atau studi banding soal kekuatan matauang sebuah negara, mungkin Swiss merupakan pilihan studi banding terbaik.

Sebagai pengetahuan Anda tentang
terus tumbuh, Anda akan mulai melihat bagaimana
cocok ke dalam skema keseluruhan hal. Mengetahui bagaimana sesuatu berhubungan ke seluruh dunia juga penting.

Tidak ada komentar: